Friday, March 22, 2013

makanan khas kota Gresik

Assalamualaikum Wr. Wb.


Oke salam blogger bagi semua pengunjung blog saya, dalam artikel baru ini saya akan memposting makanan makanan tardisional yang ada di kota saya tercinta yaitu Gresik.
oke tidak perlu untuk berlama lama langsung cekidot aja . . .
  1. Nasi krawu : nasi krawu adalah makanan khas Gresik yang mampu mengundang selera makan anda meskipun tidak dalam keadaan lapar. nasi krawu ini terdiri dari nasi (yang pasti), daging suir sebagai lauk utama dalam kuliner khas satu ini ditaburi dengan bumbu rahasia dari setiap penjual masing masing, ditambah lagi dengan serundeng yang pastinya akan menambah cita rasa dalam makanan ini. bagi anda yang suka makanan yang menantang alias pedesss, nasi krawu punya sambel khusus yang bisa ditambahkan ke nasi krawu anda, yang pastinya bisa membuat anda ketagihan untuk makan lagi dan lagi :D
  2. Lontong roomo : namanya aja kayak manggil orang yang terhormat, eittt tapi jangan salah justru makanan ini dibuat bukan karena diperuntukkan orang yang mempunyai jabatan tinggi tetapi nama "roomo" berasal dari nama tempat makanan itu pertama di buat yaitu desa roomo di gresik. makanan ini sangatlah sederhana biasa dihidangkan dengan daun pincuk dan dimakan dengan krupuk. tetapi yang menjadi andalannya adalah bumbu dari lontong roomo ini yang biasa juga di sebut bumbu roomo. dimana hanya dengan aromanya saja anda akan langsung tergiur untuk mencobanya.
  3. Pudak : berbeda dengan makanan sebelumnya pudak ini lebih tepatnya sebuah jajanan khas gresik. terbuat dari tepung beras di berikan santan yang sudah di kentalkan dengan gula aren yang lalu di bungkus dengan daun kelapa atau daun lontar (yang biasa digunakan untuk membuat ketupat) untuk segera di kukus selama sekitar 1 jam hingga jadilah jajanan khas gresik yang bisa membuat anda mencarinya lagi di kota gresik jika anda sudah pernah mencobanya. .
nah sahabat blogger yang udah berkunjung ke lapak sayaa, itulah beberapa makanan dan jajanan khas gresik yang bisa saya jelaskan. .
untuk kawan kawan yang masih belum puas sama artikel diatas, tunggu postingan saya selanjutnya . .
terimakasih . .

jangan lupa kasih koment yaa . .

wassalamualaikum wr. wb.

0 comments:

Post a Comment